Monday, October 8, 2012

Curiculum Vitae (CV) Tak Perlu Bertele-tele

Curriculm vitae (CV) atau resume memuat pengalaman dan kualifikasi diri seseorang ketika akan melamar sebuah pekerjaan. Maka, tidak salah ketika penilaian pertama bagi calon karyawan oleh perusahaan didasarkan pada resume tersebut.  

Adhitya D Sunur selaku Marketing Manager PT JobsDB Indonesia mengungkapkan, saat ini orang tidak perlu membawa CV yang bertele-tele. "CV itu harus memiliki nilai jual sama halnya Anda membuat iklan di TV. Hanya dengan 30 detik tapi bisa membuat pemirsa tertarik dengan iklan yang dibuat. Nah, CV juga harus mempunyai efek seperti itu," kata Adhit ketika berbincang dengan Okezone di JobsDB Career Expo 2012, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (23/9/2012).

Realitanya, CV adalah suatu langkah yang ditempuh sebelum menjalankan proses interview sehingga akan menjadi sorotan perusahaan. "CV yang menarik, maka perusahaan akan segera melirik Anda untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, yaitu wawancara," ungkapnya.

Pria berbadan besar menyebutkan, format penulisan yang menarik bisa dicari di internet. Namun, kata Adhit, yang jadi soal bukan format penulisannya melainkan konten yang diberikan dalam CV tersebut.

"Yang jelas CV itu harus berkaitan dengan perusahaan apa yang mau dilamar. Pengalaman kerja, pendidikan, dan organisasi yang pernah di ikuti itu sangatlah perlu untuk dituangkan," tutur Adhit.

Menurut Adhit, contoh CV yang berlebihan adalah menuliskan background pendidikan yang terlalu panjang. Mulai dari TK hingga tamat S-1. "Kalau sudah S-1, untuk apa menuliskan SD dan SMP? Itu hanya bertele tele. Lalu menuliskan sifat, sikap, lalu hobi yang tidak berkorelasi dengan perusahaan. CV yang tebal justru menyulitkan perusahaan dan membuat jenuh para HRD," paparnya.

Dia mengimbau kepada para perguruan tinggi untuk membekali mahasiswanya mengenai kesiapan menghadapi dunia kerja. Termasuk di dalamnya cara menulis CV. "Harapan saya, perguruan tinggi seharusnya juga mengajarkan bagaimana cara efektif untuk menulis CV. Jadi jangan dibekali teoritisnya saja namun aplikatifnya juga diajarkan," tandasnya.

Sumber : Okezone

0 comments:

Copyright © 2011 By Geuliz Art